Selasa, 18 September 2012

Konsep dasar sistem informasi pertemuan 1 & 2

Konsep Dasar Sistem
Sistem : kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi ?
 Rangkaian orang, prosedur, dan sumber daya yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi

 Sebuah sistem yang menerima sumber daya data sebagai input dan memprosesnya ke
dalam produk informasi sebagai outputnya
Teknologi Informasi
 Terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, komunikasi, manajemen database, dan teknologi pengolahan informasi lainnya yang dipergunakan dalam suatu sistem informasi yang berbasiskan komputer

 Interaksi yang dinamis dari sistem informasi berbasis komputer dengan telekomunikasi
sebagai tulang punggungnya

Teknologi Informasi :
Teknologi Hardware komputer, termasuk mikrokomputer, server berukuran menengah, dan sistem mainframe besar, serta alat-alat input, output dan media penyimpanan yang mendukung

Teknologi Software komputer, termasuk software sistem operasi, pencari Web, alat pembuat software, dan software aplikasi untuk bisnis seperti untuk manajemen hubungan pelanggan dan manajemen rantai pasokan

Teknologi jaringan komunikasi, termasuk media telekomunikasi, prosesor, dan software yang dibutuhkan untuk menyediakan akses kabel dan nirkabel, serta dukungan untuk jaringan internet dan jaringan pribadi berbasis Internet, seperti Intranet dan ekstranet

Teknologi Manajemen Sumber Daya, termasuk software sistem manajemen database untuk mengembangkan, mengakses dan memelihara database


Kerangka Kerja Sistem Informasi bagi para  Profesional Bisnis



Lima area pengetahuan yang perlu bagi pemakai (end user)  dalam
rangka memahami sistim informasi adalah:

1. Konsep dasar Pemakai harus terbiasa dengan komponen dan jenis sistim
informasi yang ada. Tetapi mereka juga harus terbiasa dengan teori tentang sistem
secara umum dan teori tentang pengolahan informasi ( mesin dan manusia). 

2. Teknologi Informasi Pemakai  perlu memahami teknologi, tepatnya, teknologi
informasi mengenai perangkat keras,perangkat lunak,telekomunikasi,database
management, dan bagaimana semua unsur-unsur ini  berinteraksi dalam suatu
proses secara dinamis dalam perubahan yang terjadi dengan sangat cepat,
pengembangan, dan cara yang baru dalam melakukan bisnis

3. Aplikasi Bisnis Bagaimana sistim informasi diimplementasi-kan dalam kegiatan bisnis
dengan permasalahan yang lebih kompleks dibandingkan yang terlihat . Pemakai
yang  terlatih mempelajari kedua-duanya, baik tentang bagaimana cara
menggunakan sistim informasi untuk membantu memecahkan permasalahan yang
ada dan juga untuk mulai menggunakan (aplikasi bisnis bergerak dibidang apa??)


4. Proses Pengembangan Pemakai Sistem Informasi harus mengetahui konsep dasar
tentang pemecahan masalah dan pengembangan. Di sini kamu perlu menjadi
terbiasa dengan metodologi pendekatan sistem , daur hidup pengembangan
sistem, dan membuat prototip (mengembangkan sistem yang lama ke yang baru)

5.    Mengelola tantangan Bagaimana para manajer menggunakan sumber daya Sistem
Informasi sebagai suatu kunci untuk berhubungan dengan pemakai. Terlebih lagi,
pengetahuan tentang  manajemen perlu dikuasai oleh masing-masing pemakai ,
karena IT menuntut pemakai akhir dapat membuat keputusan yang mandiri dalam
mendukung pencapaian sasaran perusahaan secara keseluruhan (mengetahui
target keinginan pasar)

Peran utama SI

Mendukung Operasi Bisnis . Mulai dari akuntansi sampai dengan
penelusuran pesanan pelanggan, sistim informasi menyediakan
dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis seharihari.
Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan Sistim Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting
.
Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial. Sistim informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
 
Mendukung Keunggulan Strategis. Sistim informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran   strategis perusahaan dapat men-ciptakan keunggulan b
ersaing  di pasar
Peranan sistem informasi

Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain :
·         Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global (melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar  global= 1. pengawasan tingkat pelayanan dan tingkat biaya,  pelayanan penyebaran informasi dengan menggunakan global network. 2. perencanaan strategi peruahaan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen, peluang pasar di tempat lain. 3. pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi (dgn adanya strategi perusahaan maka akan bisa mengembangkan produk dan mapu bersaing di pasar global dan terbetnuk kelompok kerja yang meluas dn membentuk sistem delivery yang luas)
ü  mampu bersaing di pasar global = (terjadinya perdagangan bebas, mengetahui peluang pasar, pemanfaatan internet.
ü  membentuk kelompok kerja yang luas = ( merger dengan perusahaan lain, perusahan pusat dengan cabang)
ü  membentuk sistem delivery yang meluas = ( adanya perwakilan2 delibvery disetiap cabang, dibentuk pelaksanaan transaksi melalui internet)  
·       Melakukan perubahan ekonomi industri (menyediakan informasi dan pengetahuan berbasis ekonomis = mengetahui daya beli masyarakat, mengetahui informasi seperti kurs valuta asing sehingga memudahkan pengambilan keputusan dalam hal pembelian bahan baku, jumlah produksi, tingkat keamanan suatu negara mempengaruhi daya beli masyarakat, bencana alam juga mempengaruhi tingkat pembelian masyarakat sehingga mempengaruhi exprot kita
- meningkatkan produktivitas = ( perencanaan jadwal kerja, perencanaan jumlah produksi, mengurangi waktu menganggur)
-  meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.= peningkatan daya saing kita lihat dari jasa informasi, mengetahui selera masyarakat, meningkatkan kepuasan pelanggan.
·       Menyediakan informasi secara global (meningkatkan komunikasi dan analisis perdagangan dalam skala global = mempersingkat proses produk, kita melakukan analisis2 melalui SWOT pesaing, bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan ini dapat terjadi karena proses produk dapat di persingkat
-  menyediakan pelayanan selama 24 jam = internet, mobil banking, layanan hotline

Peran e-Business dalam Bisnis






Jenis Jenis SI
Sistim Informasi dapat dikelompokkan berdasarkan jenis dukungan yang dapat mereka sediakan bagi suatu organisasi. 
Ø  Sistem pendukung Operasi, mengolah data  yang dihasilkan atau  digunakan dalam operasi bisnis. Sistem ini menghasilkan berbagai produk (informasi) untuk keperluan/penggunaan internal dan eksternal. Sistem Pendukung Operasi tidak menekankan pada membuat suatu produk informasi spesifik/khusus bagipara manajer. pada umumnya diperlukan pengolahan lebih lanjut oleh Sistem Informasi Manajemen. 

  Peran Sistem pendukung Operasi pada suatu Perusahaan Bisnis adalah : 
1. Memproses transaksi bisnis secara efektif
2.Mengendalikan proses dalam industri/pabrik
3.Mendukung komunikasi dan kerja sama/kolaborasi dalam  perusahaan
4.Memperbaharui database perusahaan



Jenis - Jenis SI
Sistem Pendukung Manajemen, membantu para manajer dalam pem-buatan/pengambilan keputusan.   Menyediakan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan bagi semua tingkatan manajer dan para profesional bisnis adalah meru-pakan suatu tugas kompleks. Secara konseptual, beberapa jenis Sistem Informasi mendukung berbagai macam pengambilan keputusan yang menjadi tanggung-jawab manajer. 

1.Sistem informasi manajemen- menyediakan informasi dalam wujud laporan dan tayangan/tampilan kepada para manajer dan para profesional bisnis.

2.Sistem Pendukung Keputusan- memberikan dukungan komputer secara langsung  kepada para Manajer  dalam proses pengambilan atau pembuatan keputusan . 

3.Sistem Informasi Eksekutif- menyediakan informasi kritis, baik dari sumber internal maupun eksternal dalam bentuk penampilan tayangan/display bagi para EksekutipManajer dengan cara penggunaan yang mudah   (easy-to-use).

Fungsi Sistem Informasi mewakili :

 Area fungsional utama dari bisnis yang penting dalam keberhasilan bisnis, seperti fungsi akuntansi, keuangan, manaj. Operasional, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia
 Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas, dan moral pegawai, serta layanan dan kepuasan pelanggan
 Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif oleh manajer dan praktisi bisnis
 Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompentitif, yang memberikan organisasi kelebihan strategis dalam pasar global
 Peluang karier yang dinamis, memuaskan, serta menantang bagi jutaan pria dan wanita
 Komponen penting dari sumber daya, infrastruktur, dan kemampuan perusahaan bisnis yang membentuk jaringan





Komponen Sistem Informasi
Sumber daya manusia
Para Pakar – Sistem analis, pembuat software, operator sistem Pemakai akhir – orang-orang lainnya yang menggunakan sistem informasi
Sumber Daya Hardware
Mesin – komputer, monitor video, disk drive dll
Media – floppy disk, disk optical, cd dll
Sumber daya software
Program – program sistem operasi, program spreadsheet, dll
Prosedur – prosedur entri data, prosedur pendistribusian, dll
Sumber daya data
Deskripsi produk, catatan pelanggan, file kepegawaian, database
persediaan
Sumber daya jaringan
Media komunikasi, pemroses komunikasi, software untuk akses dan
pengendalian jaringani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar