Sistem : kumpulan dari elemen-elemen
yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Apa yang dimaksud dengan Sistem
Informasi ?
Rangkaian orang, prosedur, dan sumber daya
yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi
Sebuah sistem yang menerima sumber
daya data sebagai input dan memprosesnya ke
dalam produk informasi sebagai outputnya
Teknologi Informasi
Terdiri dari perangkat keras, perangkat
lunak, komunikasi, manajemen database, dan teknologi pengolahan informasi
lainnya yang dipergunakan dalam suatu sistem informasi yang berbasiskan
komputer
Interaksi yang dinamis dari sistem
informasi berbasis komputer dengan telekomunikasi
sebagai tulang punggungnya
Teknologi Informasi :
Teknologi Hardware komputer,
termasuk mikrokomputer, server berukuran menengah, dan sistem mainframe besar,
serta alat-alat input, output dan media penyimpanan yang mendukung
Teknologi Software komputer,
termasuk software sistem operasi, pencari Web, alat pembuat software, dan software
aplikasi untuk bisnis seperti untuk manajemen hubungan pelanggan dan manajemen
rantai pasokan
Teknologi jaringan komunikasi,
termasuk media telekomunikasi, prosesor, dan software yang dibutuhkan untuk
menyediakan akses kabel dan nirkabel, serta dukungan untuk jaringan internet
dan jaringan pribadi berbasis Internet, seperti Intranet dan ekstranet
Teknologi Manajemen Sumber Daya,
termasuk software sistem manajemen database untuk mengembangkan, mengakses dan
memelihara database
Kerangka Kerja Sistem Informasi
bagi para Profesional Bisnis
Lima area pengetahuan yang perlu bagi
pemakai (end user) dalam
rangka memahami sistim informasi
adalah:
1.
Konsep dasar Pemakai harus terbiasa dengan komponen
dan jenis sistim
informasi yang ada. Tetapi mereka juga
harus terbiasa dengan teori tentang sistem
secara umum dan teori tentang pengolahan
informasi ( mesin dan manusia).
2.
Teknologi Informasi Pemakai
perlu memahami teknologi, tepatnya, teknologi
informasi mengenai perangkat
keras,perangkat lunak,telekomunikasi,database
management, dan bagaimana semua
unsur-unsur ini berinteraksi dalam suatu
proses secara dinamis dalam perubahan
yang terjadi dengan sangat cepat,
pengembangan, dan cara yang baru dalam
melakukan bisnis
3. Aplikasi Bisnis
Bagaimana sistim informasi diimplementasi-kan dalam kegiatan bisnis
dengan permasalahan yang lebih kompleks
dibandingkan yang terlihat . Pemakai
yang
terlatih mempelajari kedua-duanya, baik tentang bagaimana cara
menggunakan sistim informasi untuk
membantu memecahkan permasalahan yang
ada dan juga untuk mulai menggunakan
(aplikasi bisnis bergerak dibidang apa??)
4.
Proses Pengembangan Pemakai Sistem Informasi harus
mengetahui konsep dasar
tentang pemecahan masalah dan
pengembangan. Di sini kamu perlu menjadi
terbiasa dengan metodologi pendekatan
sistem , daur hidup pengembangan
sistem, dan membuat prototip
(mengembangkan sistem yang lama ke yang baru)
5. Mengelola tantangan Bagaimana
para manajer menggunakan sumber daya Sistem
Informasi sebagai suatu kunci untuk
berhubungan dengan pemakai. Terlebih lagi,
pengetahuan tentang manajemen perlu dikuasai oleh masing-masing
pemakai ,
karena IT menuntut pemakai akhir dapat
membuat keputusan yang mandiri dalam
mendukung pencapaian sasaran perusahaan
secara keseluruhan (mengetahui
target keinginan pasar)
Peran utama SI
Mendukung Operasi Bisnis .
Mulai dari akuntansi sampai dengan
penelusuran pesanan pelanggan, sistim informasi
menyediakan
dukungan bagi manajemen dalam
operasi/kegiatan bisnis seharihari.
Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi
penting, maka kemampuan Sistim Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan
informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting
.
Mendukung Pengambilan Keputusan
Managerial. Sistim informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk
membantu manager menjalankan menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi
yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan
untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan
membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih
bermakna.
Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistim informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis perusahaan dapat men-ciptakan keunggulan b
ersaing di pasar
Peranan
sistem informasi
Meningkatkan
pelayanan secara global/menyeluruh antara lain :
·
Mampu meningkatkan persaingan bisnis
secara global (melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar global= 1. pengawasan tingkat pelayanan dan
tingkat biaya, pelayanan penyebaran
informasi dengan menggunakan global network. 2. perencanaan strategi peruahaan dan
kebijakan (mengetahui selera konsumen, peluang pasar di tempat lain. 3.
pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi (dgn adanya
strategi perusahaan maka akan bisa mengembangkan produk dan mapu bersaing di
pasar global dan terbetnuk kelompok kerja yang meluas dn membentuk sistem
delivery yang luas)
ü mampu
bersaing di pasar global = (terjadinya perdagangan bebas, mengetahui peluang
pasar, pemanfaatan internet.
ü membentuk
kelompok kerja yang luas = ( merger dengan perusahaan lain, perusahan pusat
dengan cabang)
ü membentuk
sistem delivery yang meluas = ( adanya perwakilan2 delibvery disetiap cabang,
dibentuk pelaksanaan transaksi melalui internet)
·
Melakukan perubahan ekonomi industri
(menyediakan informasi dan pengetahuan berbasis ekonomis = mengetahui daya beli
masyarakat, mengetahui informasi seperti kurs valuta asing sehingga memudahkan
pengambilan keputusan dalam hal pembelian bahan baku, jumlah produksi, tingkat keamanan
suatu negara mempengaruhi daya beli masyarakat, bencana alam juga mempengaruhi tingkat
pembelian masyarakat sehingga mempengaruhi exprot kita
- meningkatkan produktivitas = ( perencanaan jadwal
kerja, perencanaan jumlah produksi, mengurangi waktu menganggur)
-
meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.=
peningkatan daya saing kita lihat dari jasa informasi, mengetahui selera
masyarakat, meningkatkan kepuasan pelanggan.
· Menyediakan
informasi secara global (meningkatkan komunikasi dan analisis perdagangan dalam
skala global = mempersingkat proses produk, kita melakukan analisis2 melalui
SWOT pesaing, bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan
meningkatkan penjualan ini dapat terjadi karena proses produk dapat di
persingkat
- menyediakan
pelayanan selama 24 jam = internet, mobil banking, layanan hotline
Jenis Jenis SI
Sistim Informasi dapat dikelompokkan berdasarkan
jenis dukungan yang dapat mereka sediakan bagi suatu organisasi.
Ø Sistem
pendukung Operasi, mengolah data yang dihasilkan atau digunakan dalam operasi bisnis. Sistem ini
menghasilkan berbagai produk (informasi) untuk keperluan/penggunaan internal
dan eksternal. Sistem Pendukung Operasi tidak menekankan pada membuat suatu
produk informasi spesifik/khusus bagipara manajer. pada umumnya diperlukan
pengolahan lebih lanjut oleh Sistem Informasi Manajemen.
Peran Sistem pendukung Operasi pada suatu
Perusahaan Bisnis adalah :
1. Memproses
transaksi bisnis secara efektif
2.Mengendalikan
proses dalam industri/pabrik
3.Mendukung
komunikasi dan kerja sama/kolaborasi dalam perusahaan
4.Memperbaharui
database perusahaan.
Jenis - Jenis SI
Sistem Pendukung Manajemen,
membantu para manajer dalam pem-buatan/pengambilan keputusan. Menyediakan informasi dan dukungan
untuk pengambilan keputusan bagi semua tingkatan manajer dan para
profesional bisnis adalah meru-pakan suatu tugas kompleks. Secara konseptual,
beberapa jenis Sistem Informasi mendukung berbagai macam pengambilan keputusan
yang menjadi tanggung-jawab manajer.
1.Sistem informasi manajemen-
menyediakan informasi dalam wujud laporan dan tayangan/tampilan kepada para
manajer dan para profesional bisnis.
2.Sistem Pendukung Keputusan-
memberikan dukungan komputer secara langsung
kepada para Manajer dalam proses
pengambilan atau pembuatan keputusan .
3.Sistem Informasi Eksekutif-
menyediakan informasi kritis, baik dari sumber internal maupun eksternal dalam
bentuk penampilan tayangan/display bagi para EksekutipManajer dengan cara penggunaan
yang mudah (easy-to-use).
Fungsi Sistem Informasi mewakili :
Area fungsional utama dari bisnis yang
penting dalam keberhasilan bisnis, seperti fungsi akuntansi, keuangan, manaj.
Operasional, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia
Kontributor penting dalam efisiensi
operasional, produktivitas, dan moral pegawai, serta layanan dan kepuasan
pelanggan
Sumber utama informasi dan dukungan
yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif oleh
manajer dan praktisi bisnis
Bahan yang sangat penting dalam
mengembangkan produk dan jasa yang kompentitif, yang memberikan organisasi kelebihan
strategis dalam pasar global
Peluang karier yang dinamis,
memuaskan, serta menantang bagi jutaan pria dan wanita
Komponen penting dari sumber daya,
infrastruktur, dan kemampuan perusahaan bisnis yang membentuk jaringan
Komponen Sistem Informasi
Sumber daya manusia
Para Pakar – Sistem analis, pembuat
software, operator sistem Pemakai akhir – orang-orang lainnya yang menggunakan
sistem informasi
Sumber Daya Hardware
Mesin – komputer, monitor video, disk
drive dll
Media – floppy disk, disk optical, cd
dll
Sumber daya software
Program – program sistem operasi,
program spreadsheet, dll
Prosedur – prosedur entri data,
prosedur pendistribusian, dll
Sumber daya data
Deskripsi produk, catatan pelanggan,
file kepegawaian, database
persediaan
Sumber daya jaringan
Media komunikasi, pemroses komunikasi,
software untuk akses dan
pengendalian jaringani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar